by

Cara Membuat Motor Drag Yang Aerodinamis

cara membuat motor dragSebagai salah satu cara membuat motor drag menjadi ringan dan dapat melaju dengan cepat adalah penggunaan chasis atau rangka motor yang ringan namun kuat. Selain itu juga harus memiliki aerodinamis yang bagus sehingga dapat mengurangi hambatan karena terpaan angin. Karena bobotnya yang ringan itulah yang membuat motor drag melaju dengan kencang apalagi posisi pengendara menunduk sehingga tidak akan menabrak angin. Memodifikasi rangka pada motor untuk drag race tentunya harus dibuat langsing dan setipis mungkin sehingga harus mengubah ukuran rangka aslinya. Namun jangan sampai dalam melakukan modifikasi jangan sampai motor menjadi tidak seimbang.

Merubah Bentuk Motor Sebagai Cara Membuat Motor Drag

Menggunakan rangka dengan besi yang tipis tentunya akan membuat motor menjadi tidak seimbang. Karena itulah perlu adanya penyeimbang yaitu berupa besi penyangga pada bagian tengahnya. Biasanya chasis ini berbahan titanium yang bobotnya sekitar 1,8 Kg dengan harga hingga 1 jutaan. Namun ada juga chasis yang berbahan aluminium dengan harga sekitar 6 jutaan akan tetapi bobotnya mencapai 2,9 Kg. Selain mengubah rangka motor perubahan juga terjadi pada body. Biasanya untuk cara membuat motor drag menjadi lebih ringan dengan membuang aksesoris yang tidak diperlukan seperti jok yang tebal dengan menggunakan busa atau dengan hanya menggunakan papan yang dibentuk menyerupai tempat duduk. Dapat juga menghilangkan frame motor sehingga akan membantu meringankan motor.

Dengan mengubah bentuk rangka motor drag bisa juga dengan menggunakan rangka besi yang tengahnya bolong. Hal itu juga bisa meringankan bobot motor nantinya. meskipun begitu cara ini cukup berbahaya karena dapat mengakibatkan rangka rawan patah. Karena ketahanannya berkurang sehingga tidak dapat menahan getaran mesin. Dengan melakukan berbagai perubahan sebagai cara membuat motor drag menjadi lebih ringan hingga 20 Kg. Dengan demikian motor drag akan dapat melaju dengan kencang. Karena memang motor untuk balapan drag tidak mengharuskan motor yang gagah namun juga ringan sehingga memungkinkan untuk dapat melesat secepat kilat ketika menggeber gas motornya pada trek yang lurus.

Related posts: